Tuesday, October 05, 2010

No responses for my KPI

Ohhh.  Nasib KPI gue...
 
Salah satu objective mau dilanjutkan tahap pengerjaannya, tapi terbentur hal yang membuat boss gak berani jawab:
  1. Harga yang di-quote oleh distributor hampir 2x lipat dari harga yang ditawarkan ISV principal.  Setelah di-cross check, ternyata principal memasukkan biaya transport Engineer (Houston-JKT). Dan distributor tentunya naikin lagi harganya utk overhead dan sebagainya (margin, sodara2...).  Waktu ditanya, principal insist yang menginstall dan mengkonfigur software harus orang mereka, bukan distributor.
  2. Perubahan organisasi.  Sejak sekitar 2 bulan yang lalu yang tadinya isu akhirnya menjadi makin jelas dengan adanya pergantian direktur yang memerintah bubble technical services, yang menyampaikan rencananya untuk 'mengembalikan' fungsi2 pada semua bagian di bubblenya ke fitrahnya masing2.  Meaning,  departemen yang dipimpin oleh boss gw akan pindah dan jadi bagian dari divisi lain.  Struktur organisasi sudah dibuat dan disetujui secara lisan oleh kepala divisi saat ini dan Divisi HR,tapi sampai sekarang sang kepala divisi kami nggak berani tanda tangan. Lamaaaaa' deeeeh.....
Sementara objectives gue harus tercapai by end of this year.  Dan sekarang sudah Oktober.
 
Makin nambah faktor yang membuat demotivasi.
  1. Traffic & commute time
  2. Stale project(s): delayed by 'political' matters (top down)
  3. Boredom of taking care of hardware ops. and apps. support
  4. Future division well-known for unhappy boss and staff
  5. Tired of doing support jobs without appreciation for 10 years and along the way had been under 2-3 bosses who positioned us as SERVANTS instead of consultants.
  6. Unclear so-called Project Management implementation.  They sent many staff to expensive PMP prep courses but wouldn't support us implementing what we got in the course.  I used to be very interested in Project Management but not anymore. Am I bibit yang berada di tanah yang salah?
Now the only motivation is just money???
 
 
* KPI: Key Performance Indikator = indikator kinerja untuk mengukur kinerja pegawai, berupa objectives yang akan dicapai. Dibuat [seharusnya] sebelum awal tahun kerja (kenyataannya, tahun kerja sudah berjalan, baru kita digubrakin utk bikin objectives).  Objectives ini harus SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound).

No comments: