Thursday, January 18, 2007

For The Rose | 薔薇のために


Manga ini bercerita tentang persaudaraan, persahabatan dan cinta, dengan setting di Hokkaido, pulau paling utara di Jepang yang terkenal dengan alamnya yang indah dan udaranya yang dingin. Lagi2, kalo udah ke deskripsi tentang keindahan alam, bagi gw berhubungan erat dengan suasana hati... yang artinya: romantis. Dan itulah salah satu kekuatan manga yang ngga dimiliki komik lain, misalnya komik ala Amrik. Dalam manga, penggambaran suasana hati para karakter disampaikan melalui gambar tentang keadaan alam. Itu juga yang gw pelajari di Manga School.



Enw, kisah ini bermula ketika sang tokoh utama, Yuri, harus meninggalkan tempat tinggalnya di Tokyo karena neneknya meninggal dunia. Yuri yang sebatang kara baru mengetahui bahwa ibunya masih hidup. Dia pergi mencari ibunya, dan menemukan kenyataan bahwa ibunya ternyata adalah seorang aktris terkenal. Di rumah ibunya itu dia bertemu dengan orang2 yang ternyata adalah saudara2 kandungnya, dari para ayah yang berbeda.



Yuri tinggal di rumah mewah milik ibunya itu, bersama kakak2nya yang ganteng2 dan cantik tapi adatnya aneh2. Ibunya tidak pernah pulang ke rumah karena sibuk shooting dan pacaran. Di rumah itu peran Yuri praktis jadi pembantu rumah tangga, dan kakak2nya tidak menyukainya karena penampilannya yang gemuk dan jelek.



Tapi dengan kehadiran Yuri, suasana di rumah besar & mewah yang tadinya dingin itu lama-kelamaan menjadi hangat. Kakak2nya yang tadinya sangat individualistis mulai belajar tentang kedekatan antar-saudara, tentang persahabatan, dan cinta. Mereka mulai terbuka satu sama lain. Lama-kelamaan Yuri diterima dan disayangi oleh kakak2nya. Tapi, ternyata Yuri jatuh cinta dengan kakaknya yang ganteng bermata biru, Sumire...



Membaca cerita di komik ini seperti membaca cerita novel dewasa. Ceritanya padat dan mendalam, dan dilukiskan dengan indah sekaligus lucu melalui gambar dan kata2 para tokohnya. Dari awal cerita hingga akhir, kita bisa merasakan perkembangan jiwa dari tiap tokohnya. Dan there's a lot of moral of the story. Baca cerita ini seperti belajar dari kehidupan para tokohnya.



YOSHIMURA Akemi memang top banget deh! Gw kagum dengan cerita itu. Tiap tokoh punya masalah yang rumit (dan aneh) - dari masalah keluarga, orientasi seks, trauma masa lalu,... - dan satu per satu diurai dengan bagusnya.



Sekarang gw lagi ngikutin ceritanya yang lain, yang dalam versi Indonesia diberi judul "Beyond the Sea", walaupun judul aslinya seharusnya berarti "deeper than the sea" (海よりも深く)。

No comments: