Friday, October 03, 2008

Kenapa harus ke kantor hari ini?

Hari ini kantor nggak libur. Kantor gw mana ada libur kalo bukan tanggal merah. Kalau di kantor mau ngerjain hal2 yg butuh orang lain, bisa dibilang nyaris ngga ada orang, karena masih pada cuti. Kerjaan2 yg memerlukan orang lain harus ditunda paling cepet sampai Senin besok, atau idealnya malah Senin depannya, pas orang2 udah pada balik kerja. Jadi hari ini kalau mau ngerjain sesuatu pun yang bisa dikerjain adalah hal2 yg bisa dikerjain tanpa orang lain. Hal2 yg nggak perlu follow up atau nunggu konfirmasi orang lain.

Kalo gitu, kenapa harus ke kantor?

Kalau dikerjain dari rumah, hemat ongkos dan energi (BBM maupun energi manusia). Tapi kebijakannya masih konvensional. Lagi2 yg dipentingkan adalah kehadiran fisik, walaupun belum tentu kita kerja efektif. Ketemu beberapa orang di kantor pun konteksnya adalah berlebaran :) Suasana belum kondusif untuk kerja. Warung2 juga masih pada tutup. Jadi tadi kita agak muter dulu cari makanan. Gak tau deh ntar siang cari makan di mana. Sebelum lebaran aja udah pada tutup, sampe gw harus pesen makanan pake layanan antar. Jadi mahal bo'...! Udah ongkos pp, makannya lebih mahal pula, padahal kerjaan bisa dikerjain di luar kantor.

Kalo gitu, kenapa harus ke kantor?

Tadi pagi jalanan kosong banget, jadi kita bisa ambil jalur paling praktis dari rumah. Simatupang, Buncit, Pancoran. Jalur praktis yg seharusnya gw ambil setiap hari, tapi tidak applicable karena Jakarta pada hari2 'normal' itu sangat nggak normal ("Serahkan pada ahlinya.")--kalo ngambil jalur paling masuk akal malah jadi nggak masuk akal. Perjalanan tadi hanya 30 menit sebenernya. Ditambah dengan mampir & berhenti sebentar beli nasi bungkus, jadi sekitar 45 menit lah. Jalanan kosong, lancar... Enak banget, nggak bete ngeliat mobil menuh2in jalanan.

Sebentar lagi gw cuti, maternity leave, minggu depan. Gw perlu hand over kerjaan ke rekan yg bakal handle kerjaan gw selama gw cuti, yaitu Kevin. Tapi, dia masih cuti. Jadi, gw juga gak bisa hand over sekarang.

Kalo gitu, kenapa harus ke kantor?

Yah, pada akhirnya, gw harus (have to) ke kantor 'hanya' karena gw mau menghemat cuti tahunan gw, untuk dipakai setelah maternity leave biar lebih banyak waktu bersama my baby. Karena peraturan jatah maternity leave sangat tidak family-friendly, gw akan pakai cuti tahunan gw untuk menambah waktu gw bersama kiku kecil. Walaupun gak begitu lama, tapi pasti sangat berarti.

Jadi, karena itulah hari ini gw harus menggeret badan gw ke kantor dan berada di gedung kantor dalam ruangan dengan meja & kursi yg sehari2 jadi pemandangan gw... instead of baringan di rumah ataupun spending time dengan adik2 & ponakan2. Sebentar lagi Hide, ipar gw, balik ke negerinya, kita harus 'kejar setoran' jalan bareng...

Beginilah kalau sudah menjual jiwa kepada korporasi... Kerja/nggak kerja, badan gw harus ada di gedung ini, walopun sekarang gw ngantuk dan suasana sangat gak kondusif untuk kerja.....Wasting the whole day, wasting my energy (I need some sleep)... Kalo nanti udah ada kiku kecil trus harus kayak gini terus, apa mendingan gw ambil lagi jiwa gw dari korporasi ini utk ngurus kiku kecil ya, daripada menjual jiwa gw ke korporasi yg cuma ngasih gw sisa waktu & energi dengan kiku kecilku? (kiku kecil cuma dapet sisa?)

Kalo kiku kecil udah agak gede, udah ada waktu buat gw berkarya lagi, gw cari aktivitas utk mengasah otak & potensi gw, juga buat aktualisasi diri gw. Kenapa kalo seharian di rumah uplek2 sama anak, ngga ada kesempatan buat self-actualization? Buat ngasih makan dan mandiin diri sendiri aja susah, gimana mo self-actualization? Gara2 mbah Maslow nih.....

No comments: